Cari Blog Ini

Tips Untuk Penderita Asma

Posted by Zaky Sundoro Rabu, 12 Desember 2012 0 komentar
Apa itu asma?

Asma Bronkhial adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh peningkatan respon dari saluran napas, terhadap bermacam-macam rangsangan yang ditandai dengan penyempitan saluran napas disertai keluarnya lendir yang berlebihan dari kelenjar-kelenjar di dinding saluran napas, sehingga menimbulkan gejala batuk, mengi dan sesak. Pennyempitan saluran napas dapat sembuh dan kembali seperti semula secara spontan dengan atau tanpa obat.

Asma tidak dapat sembuh total, tapi bisa dikontrol. Dengan demikian maka penderita asma tidak akan menunjukkan gejala, mampu bekerja atau bermain tanpa terbatasi. Penggunaan obatpun dapat diminimalisir, tidak pernah serangan berat, dan tidak kelainan.

Mengapa timbul asma?

Beberapa penyebab timbulnya asma adalah seperti, udara dingin, polusi udara, faktor psikis, kelelahan, tungau, debu, serbuk bunga, penyakit infeksi saluran napas (Pneoumonia), dan lain-lain.

Apa gejalanya?

Gejala asma yang timbul dapat berupa:
-Batuk
-Sesak Napas
-Dada terasa berat
-Mengi
Gejala ini timbul sering pada malam hari sehingga mengakibatkan penderita asma terbangun dari tidurnya atau bahkan pada siang harisehingga dapat mengganggu aktivitasnya.

Bagaimana penangananya?

Non Farmakologik (Pengobatan tidak dengan obat-obatan)

1.Penjelasan pada penderita mengenai penyakitnya sehingga penderita dapat menyikapi penyakitnya dengan baik dengan mengetahui penyebab atau pencetusnya.

2.Menghindari penyebab/pencetus serangan.

3.Latihan relaksasi, kontrol terhadap emosi dan lakukan senam atau olahraga yang bermanfaat memperkuat otot pernapasan, misalnya berenang.

4.Fisioterapi (bila diperlukan), mempermudah pengeluaran dahak.

Farmakologik (Menggunakan obat-obatan)

1.Obat pelonggar saluran napas

2.Obat pemeliharaan

3.Obat pengencer dahak

Nah demikian penjelasan singkat tentan tips untuk penderita asma dalam upaya meminimalisir penyakit asma yang diderita. Mudah-mudahan penjelasannya bermanfaat, sehingga dapat menangani penyakit asma ini dengan baik dan rasional. Bila anda mempunyai gejala-gejala di atas, sebaiknya konsultasikan saja dengan dokter terdekat anda atau bisa berkunjung ke poliklinik paru yang ada di sekitaran anda.

Sumber: Buku bacaan kecil di RS Kasih Ibu
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Untuk Penderita Asma
Ditulis oleh Zaky Sundoro
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gratis-dollaronline.blogspot.com/2012/12/tips-untuk-penderita-asma.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.